Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Raya Berhasil Menyelesaikan Permasalahan Pencurian 6 Sak Semen.

  • Humas
  • Rabu, 16 Nov 2022 - 08:56:05
  • 355
img

Melalui Problem Solving, Bhabinkamtibmas Polsek Bukit Raya Berhasil Menyelesaikan Permasalahan Pencurian 6 Sak Semen.

Pekanbaru. Bhanbinkamtibmas Kelurahan Wonorejo Polsek Bukit Raya Aipda Anton Saputra, SH berhasil menyelesaikan permasalahan pencurian 6 sak semen yang terjadi di SMAN 5 Pekanbaru melalui Problem Solving. Senin, (14/11/2022).

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH melalui Kapolsek Bukit Raya Akp Syafnil, SH membenarkan bahwa salah satu personilnya yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Kelurahan Wonorejo telah telah berhasil menyelesaikan permasalahan pencurian 6 sak semen yang terjadi di SMAN 5 Pekanbaru.

"Sebagai salah satu ujung tombak Kepolisian, peran Bhabinkamtibmas tidak bisa dipandang sebelah mata, sudah menjadi tugas dan kewajibannya Bhabinkamtibmas sebagai pengemban fungsi harkamtibmas harus selalu hadir ditengah masyarakat dan selalu membantu menyelesaikan atau memecahkan permasalahan ( problem solving) yang dialami oleh warga di wilayah kerjanya dengan cara mediasi dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang tetap komdusif," jelas Kapolsek.

Kapolsek menyampaikan kronologis kejadian bermula pada saat hari Minggu tanggal 13 November 2022 Bhabinkamtibmas Kel. Wonorejo Aipda Anton Saputra, SH mendapatkan telpon dari pihak SMA N 5 Pekanbaru yang melaporkan bahwa telah terjadi pencurian 6 sak semen milik SMAN 5 Pekanbaru. Selanjutnya pada hari Senin Tanggal 14 November 2022 sekira pukul 10.00 wib Bhabinkamtibmas beserta Sekretaris FKPM Kelurahan Wonorejo mendatangi SMAN 5 Pekanbaru untuk menindaklanjuti laporan pencurin tersebut dengan melihat rekaman kamera CCTV yang ada di area sekolah.

"Dari hasil rekaman kamera CCTV tersebut terdeteksi pelaku yang berinisial HN merupakan warga yang tinggal dilingkungan tidak jauh dari SMAN 5 Pekanbaru, selanjutnya Bhabinkamtibmas, Sekretaris FKPM dan Securty SMA N 5 Pekanbaru langsung mendatangi rumah pelaku dan pelaku pun mengaku bahwa dialah yg telah mengambil 6 sak semen tersebut dengan alasan untuk beli makan dan keperluan lain untuk orang tuanya," urai Kapolsek.

"Selanjutnya pelaku di bawa ke SMA N 5 Pekanbaru untuk di dengar penjelasannya, setelah mendengar penjelasan dari pelaku kemudian pihak dari SMA N 5 Pekanbaru memutuskan mengambil jalan damai dan menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dengan syarat pelaku harus mengganti 6 sak semen tersebut dan apabila pelaku mengulangi perbuatannya maka akan diproses secara hukum yg berlaku," tambah Kapolsek.

Kapolsek Bukit Raya Akp Syafnil, SH juga mengharapkan dengan adanya ( problem solving) penyelesaian masalah dengan cara mediasi, hendaknya permasalahan yang dihadapi oleh setiap warga diselesaikan terlebih dahulu dengan cara musyawarah dan kekeluargaan sebelum menempuh jalur hukum.