HUT RI Ke 78 Kapolresta Pekanbaru Tanam Ribuan Bibit Pohon Di Lapangan Thamrin Sail

  • Humas
  • Rabu, 23 Agu 2023 - 13:09:53
  • 203
img

HUT RI Ke 78 Kapolresta Pekanbaru Tanam Ribuan Bibit Pohon Di Lapangan Thamrin Sail

Pekanbaru - Dalam Rangka HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia (RI) Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian, melakukan penanaman ribuan bibit pohon yang digelar serentak di seluruh Polsek Jajajaran, Rabu (23/08/2023) pagi, sekitar pukul 09.00 Wib.

Kegiatan penanaman ribuan bibit ini dipusatkan di lapangan bola Jalan Thamrin, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru dan dipimpin langsung oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol K Rahmadi serta dihadiri Perwakilan Gubernur Riau, Forkopimda Provinsi Riau, PJU Polda Riau, Pj Walikota Muflihun, Kapolresta Pekanbaru, seluruh PJU Polresta Pekanbaru serta tamu undangan lainnya.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri RP Siagian mengatakan, kegiatan menanam pohon serentak tersebut merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dengan tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”.

"Penanaman ini kita laksanakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 78, sehingga Polri menginisiasi penanaman pohon diseluruh indonesia, ini bukan hanya dilaksanakan di Kota Pekanbaru saja namun serentak diseluruh indonesia," kata Kombes Jefri.

Kombes Jefri menjelaskan, penanaman pohon merupakan wujud Polri, khususnya Polresta Pekanbaru, dalam melestarikan negeri untuk penghijauan sejak dini.

Kapolres berharap, dengan adanya penanaman ribuan bibit pohon ini dapat membantu mencegah perubahan iklim dan menjaga tanah.

"Kami mengharapkan dengan penanaman pohon ini, penghijauan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya Kota Pekanbaru, dan ini kita laksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penghijauan," harap Kombes Jefri.

Kombes Jefri menjelaskan, untuk hari ini, penanaman pohon yang dilakukan serentak diseluruh Riau berjumlah 45.233 bibit dan dipimpin langsung oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol K Rahmadi. Pohon yang ditanam beragam di antaranya alpokat, durian, jambu, jengkol, kelengkeng dan lainnya.

"Seluruh jajaran Polsek juga melakukan kegiatan yang sama di wilayahnya masing-masing dengan penanaman pohon yang sudah kita sediakan,” kata Kombes Jefri.

Sementara, Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasihan Rahmadi mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan sebagai upaya pihaknya dalam rangka memelihara ekosistem di wilayah Provinsi Riau baik untuk lingkungan hidup, oksigen maupun pertambahan pangan.

“Penanaman pohon ini seperti kita menanamkan doa, saat kita tanam sekarang nanti manfaatnya bisa berguna untuk anak dan cucu kita kelak,” tutup Wakapolda Riau.

Pihaknya juga sepakat untuk konsisten terhadap penegakan hukum bagi siapa saja pelaku yang berupa untuk melakukan pengrusakan tanaman.