Gelar Jumat Curhat Di Aula Polsek Lima Puluh, Kasat Binmas Tampung Curhatan Warga

  • Humas
  • Jum'at, 15 Sep 2023 - 14:10:50
  • 202
img

Gelar Jumat Curhat Di Aula Polsek Lima Puluh, Kasat Binmas Tampung Curhatan Warga

Pekanbaru, 15 September 2023 - Polresta Pekanbaru menggelar kegiatan "Jumat Curhat" dan bersilaturrahmi dengan warga masyarakat di Aula Polsek Limapuluh, Jalan Sisingamangaraja No.72, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, Kota Pekanbaru. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pemberian bantuan sosial berupa sembako sebanyak 10 paket kepada warga yang hadir.

Dalam acara tersebut, hadir sejumlah pejabat Polresta Pekanbaru, antara lain Kasat Binmas Polresta Pekanbaru, Kompol Waras Wahyudi, SH, Kabag SDM Polresta Pekanbaru, Kompol Wahariyana, Kapolsek Limapuluh, Kompol Bagus Harry Priyambodo, S.I.K, M.H, Kasi Humas Polresta Pekanbaru, AKP Samin Tampubolon, Kanit Binmas Polsek Limapuluh, Iptu Awaludin, Kanit Binkamsa Sat Binmas, Iptu Apolas Sugiana, SH, dan Kanit Binpolmas Sat Binmas, Iptu T.P.L. Tobing.

Dalam sesi curhatan, beberapa warga yang hadir menyampaikan beragam permasalahan dan harapannya kepada pihak kepolisian. Amirudin, Ketua RW.003 Kelurahan Sukamulya, menginginkan agar patroli Polsek lebih aktif dalam menyambangi Poskamling dan pemukiman masyarakat. Ia juga menyoroti kenakalan remaja di wilayahnya yang perlu segera ditindaklanjuti.

Harisman, Ketua RW.006 Kelurahan Sukamulya, memberikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukamulya yang telah aktif dalam mengaktifkan Poskamling di wilayahnya. Sementara Helmi Rahman, Ketua Forum RT.RW Kelurahan Cintaraja, meminta penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab Polisi RW di setiap RW.

Edi Hutabarat, Ketua RT.002 RW.006 Kelurahan Sukamulya, mengungkapkan permasalahan kasus KDRT yang terjadi di wilayahnya dan bertanya tentang cara penanganannya.

Dalam menjawab curhatan warga, Kapolsek Limapuluh memberikan tanggapan positif. Ia menyatakan bahwa akan segera disusun jadwal patroli ke area pemukiman warga di Kecamatan Sail, Polsek Limapuluh juga akan membuat jadwal untuk menyambangi Pos Kamling yang ada di wilayah Kecamatan Sail.

Kapolsek juga menekankan bahwa Polisi RW akan mendampingi Ketua RW dalam menangani setiap permasalahan yang ada di setiap RW dan memberikan saran hukum yang tepat. Terkait dengan kasus-kasus tertentu, ia mengingatkan bahwa tidak semua perkara harus dinaikkan ke ranah hukum formal, tetapi beberapa dapat diselesaikan melalui pendekatan restoratif justice, dengan harapan pelaku tidak mengulangi perbuatannya.

Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan "Jumat Curhat" ini bertujuan untuk menjalin kemitraan yang erat antara polisi dan warga serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Polresta Pekanbaru peduli terhadap kebutuhan dan aspirasi warga serta siap bekerja sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini, hubungan antara polisi dan masyarakat semakin kuat, dan Kota Pekanbaru tetap aman dan damai.